BELAJAR BARENG Yuuk…

sharing knowledge and ideas….

Hasil PILKADA Karanganyar

Oct-26-2008 By mohtar

Rina-Paryono dekati kemenangan
Karanganyar (Espos)—Pasangan calon incumbent Rina Iriani-Paryono sementara unggul atas lawan-lawannya pada saat penghitungan suara sementara di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, Minggu (26/10) malam.

Berdasarkan data terakhir yang dikumpulkan hingga pukul 19.50 WIB, pasangan nomor urut 3 itu memperoleh 91.659 suara atau 63,32 persen dari total surat suara yang masuk sebanyak 149.375 suara.

Disusul kemudian pasangan nomor urut 2 Juliyatmono-Sukismiyadi yang mendapat
50.313 suara atau 34,81 persen, dan terakhir pasangan nomor urut 1 Romdloni-Silo Hadi Rahtomo dengan 2.697 suara atau 1,88 persen.

Perolehan suara itu didapat dari 499 TPS dari 1.479 TPS yang disiapkan.

Sementara, dari data yang ada tingkat partisipasi pemilih dari daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 657.503 orang, yang sudah menggunakan hak suaranya sementara ini mencapai 149.375 orang.

Direktur Indeks Survei Solo Eko Sulistyo menjelaskan pengumpulan data perolehan suara sementara di ajang pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup) Karanganyar itu menggunakan sistem SMS gateway, dimana seluruh anggota kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) yang sudah menyelesaikan proses perhitungan suara di TPS masing-masing langsung mengirimkan hasil perhitungan tersebut via short message service ke server> yang dipasang di kantor KPU setempat.

“Setiap data yang masuk, asalkan metode penulisannya benar, secara otomatis langsung diproses di server dan hasilnya langsung ditampilkan di monitor dan juga di LCD proyektor. Sehingga, setiap perkembangan hasil penghitungan suara yang masuk bisa terus dipantau oleh masyarakat yang ada di KPU,” kata dia.

Menurut dia, tingkat akurasi dari quick count buatan Indeks Survei Solo itu sudah mendekati kebenaran, meski belum 100 persen.

“Penghitungan cepat ini untuk mengetahui hasil perolehan suara masing-masing pasangan calon secepat mungkin. Selain lewat alat ini, penghitungan dengan cara manual lewat lembaran juga dilakukan sebagaimana mestinya untuk memastikan keakuratan data di lapangan,”
tandasnya.

from solopos.com

  1. goper_speed Said,

    wong karanganyar do bodoh kabeh, glm2 timen dikuasai cino!!!
    tonton wae bobroke’ karanganyar yen dicekel rina…!!!!!

    buktikan..>!!!

Add A Comment

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture.
Anti-Spam Image